BLENDED LEARNING SEBAGAI SOLUSI DI ERA NEW NORMAL

Program Studi Magister Agroekoteknologi (PSMA) Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu akan memulai sistem perkuliahan Blended Learning (BL) pada semester genap tahun ajaran 2021/2022, atau mulai bulan Februari 2022. BL adalah sistem perkuliahan yang memungkinkan mahasiswa mengikuti perkuliahan secara offline dan online secara bergantian (kombinasi). Perkuliahan offline direncanakan dilaksanakan pada minggu pertama dan kedua, sementara perkuliahan online akan dilaksanakan pada minggu ketiga dan keempat setiap bulannya.

Blended Learning ini sebenarnya merupakan win-win solution di era new normal. Di satu sisi tetap dapat menekan penyebaran covid-19, di sisi lain juga dapat memenuhi kebutuhan pembelajaran tatap muka. Selain itu juga menjadi solusi bagi mahasiswa PSMA yang berasal dari luar kota untuk menghemat waktu dan biaya perjalanan menuju Kampus” ungkap Ketua Program Studi Magister Agroekoteknologi, Prof. Ir. Mohammad Chozin, M.Sc., ph.D. dalam rapat rutin dosen homebase PSMA Kamis (25/11). Manfaat lain BL juga dapat menciptakan kembali suasana kampus yang sempat hilang selama pandemi covid-19 selama dua tahun terakhir. “sistem pembelajaran BL ini harus dimulai semester depan” imbuh beliau.

Mahasiswa PSMA menyambut baik rencana pemberlakuan system BL tersebut  karena selama ini mereka banyak menghabiskan waktu di perjalanan dan tidak memiliki waktu bersama keluarga. Sebagian besar mahasiswa PSMA memang terdiri dari para pegawai atau staf yang mendapatkan izin belajar dari instansi tempat mereka bekerja, sehingga mereka harus dapat membagi waktu dengan baik antara pekerjaan dan perkuliahan. (VIA)

Comments are closed.