PENGABDIAN MAHASISWA DAN DOSEN PSMA EDUKASI PETANI AGAR MEMILIKI OUTLET

Mahasiswa dan Dosen PSMA (Program Studi Magister Agroekoteknologi)  Universitas Bengkulu  melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Kelompok Tani Sungai Suci di Desa Pasar Pedati, Pondok Kelapa (28/11). Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mendorong petani agar dapat mengelola pangan lokal berbahan singkong, mulai produksi hingga pemasaran.

Singkong merupakan komoditi yang paling banyak dihasilkan dari desa tersebut. Selama ini pemanfaatan singkong oleh petani telah diproduksi dalam bentuk opak, kelanting, dan getuk. Namun  Mahasiswa PSMA melihat masih banyak peluang varian produk makanan lain yang memiliki nilai jual. Produk yang diusulkan mahasiswa PSMA berupa kripik ubi berbagai jenis rasa, kripik tapai singkong, dan olahan kue kering dari tepung mocaf.

Sementara kendala terbesar petani adalah dalam hal pengemasan dan penjualan produk. Salah satu peserta pengabdian mahasiswa PSMA, Evan Dwi Septa Nugraha menyatakan “Petani tahu cara memproduksi olahan singkong namun mereka tidak begitu memahami metode pengemasan yang baik untuk meningkatkan nilai produk dan minat pembeli”. Dengan adanya permasalahan tersebut, mahasiswa PSMA membantu untuk mengedukasi kelompok tani tentang bagaimana cara untuk mengemas produk dengan menarik dan bahkan bagaimana cara pemasarannya.

Daerah Pondok Kelapa, Bengkulu Tengah selama ini tidak memiliki makanan khas daerah yang bisa dijadikan oleh-oleh, sehingga ini bisa menjadi peluang bagi kelompok tani. Pembukaan outlet oleh-oleh dapat menjadi daya tarik pembeli, yang pada akhirnya meningkat perekonomian petani. Program pengabdian Mahasiswa PSMA ini masih akan berlanjut sesuai kebutuhan petani. (A/A)

2 Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published.